This Wacky Blog

this is actually not a beautiful blog, but then you'll know from this blog, how my personality is :)

Thursday, May 10, 2012

Dampak Nyata Pemanasan Global

udah lama gue ga posting artikel, kali ini gue ngopas salah satu artikel dari sebuah blog, mungkin Belantara Indonesia nama komunitas atau blog itu. kenapa gue ngepost tentang dampak dari pemanasan global? well, sedikit curhat sebenernya guru bahasa Inggris gue ngasih tugas untuk bikin Hortatory Text, beliau ngasih tema tentang Global Warming, yaudah gue cari aja topik yang gampang dengan pembahasan yang sedikit sulit. haha sedikit gaya sih -_- biarin lah, kita tuh harus berani tampil beda dari orang lain. so guys, let's to the point! sebelumnya maaf nih kalo penjelasannya ngopas juga. hihihi.. kepepet, ga sempet ngedit. hehe.. tapi tetep terima kasih untuk infonya ;)

1. HUTAN AMAZON AKAN BERUBAH MENJADI GURUN




Memiliki jutaan spesies dan cadangan 1/5 air bersih dunia, hutan Amazon merupakan hutan hujan tropis terbesar di dunia. Tetapi pemanasan global dan penggundulan hutan membalikkan fungsi hutan sebagai penyerap karbon dan merubah 30 - 60 persen hutan menjadi padang rumput kering. Proyeksi - proyeksi menunjukkan hutan ini bisa lenyap menjelang tahun 2050.



2. GREAT BARRIER REEF LENYAP DALAM 20 TAHUN




Naiknya air laut akibat pemanasan global dalam 20 tahun akan menenggelamkan gugusan karang ajaib ini. Charlie, mantan kepala peneliti di Australian Institute of Marine Sciencemengatakan pada The Times: "Tidak ada harapan, Great Barrier akan lenyap 20 tahun lagi atau lebih. Sekali karbon dioksida ( CO2 ) menyentuh level seperti yang diprediksi antara tahun 2030 dan 2060, seluruh karang akan lenyap. Hal ini didukung para peneliti karang dan juga semua organisasi terkait lainnya. Ini sudah kritis dan beginilah kenyataanya."


3. GURUN SAHARA AKAN MENGHIJAU





Para ilmuwan melihat tanda - tanda bahwa gurun Sahara dan wilayah di sekitarnya menghijau akibat makin meningkatnya curah hujan. Hujan ini mampu merevitalisasi wilayah gersangnya sehingga menarik komunitas petani. Kecenderungan menyusutnya gurun ini dijelaskan oleh model - model iklim, yang memprediksi kembalinya ke kondisi yang merubah Sahara menjadi padang rumput subur seperti sekitar 12 ribu tahun yang lalu.


4. ANGIN TOPAN BERTIUP LEBIH DAHSYAT





Belum bisa dijelaskan apakah Global Warming bertanggung jawab atas terjadinya badaiKatrina. Tetapi ada indikasi - indikasi bahwa Global Warming akan menciptakan badai - badai berkategori 5 - badai Katrina sendiri berkategori 4 saat menghantam Lousiana. Kekuatan badai dimulai dari adanya air hangat dan model - model ramalan menunjukkan badai di masa depan akan menjadi lebih dahsyat seiring dengan naiknya temperatur lautan. Global Warming juga membuat badai - badai itu lebih destruktif dengan naiknya permukaan laut yang memicu banjir yang lebih besar di wilayah pesisir.  

5. HEWAN - HEWAN MENYUSUT





Studi baru menyebutkan bahwa bahwa spesies - spesies hewan mengalami penyusutan rata - rata hingga 50 persen dari massa tubuhnya dalm 30 tahun terakhir. Penelitian awal terhadap domba menduga bahwa musim dingin yang lebih pendek dan ringan membuat domba - domba itu tidak menambah berat badannya untuk bertahan hidup pada tahun pertama hidupnya. Faktor seperti ini dapat juga mempengaruhi populasi ikan. Para peneliti menyebutkan perubahan iklim ini bisa mengganggu rantai - rantai makanan, dimana predator di puncak rantai makanan yang paling terpengaruhi karena menyusutnya mangsa. 

0 comments:

Post a Comment

Tryna Play This!