This Wacky Blog

this is actually not a beautiful blog, but then you'll know from this blog, how my personality is :)

Monday, July 16, 2012

Sejarah Pendidikan (gue)

Bloggy! Kali ini mungkin gue mau nyeritain sejarah pendidikan gue. Kenapa gue bikin postingan ini? Well, berhubung sekarang gue udah kelas 3 SMA and it means, sebentar lagi gue meninggalkan masa-masa sekolah gue dengan seragam ini, berarti ada dua pilihan kan yang akan gue dapetin, antara menghadapi dunia kerja, atau dunia perkuliahan. Nah, tujuan gue bikin postingan ini simple sih, biar gue bisa inget lagi tentang pemikiran gue sebelum gue masuk ke dalam salah satu dari pilihan tersebut.  Jadi gue akan ngebahas satu persatu dari 2 pilihan itu.

Pertama mungkin gue akan share pemikiran gue untuk pilihan dunia kerja.
Well, kalo seandainya nih ketika gue lulus sekolah nanti dan orangtua gue, katakanlah, ga bisa ngebiayain gue untuk kuliah, otomatis pastinya gue ga bisa maksain kehendak gue untuk kuliah dong? Jadi mungkin gue akan start earning for living dan postpone rencana kuliah gue. Singkat aja sih kalo untuk pilihan itu. mungkin setelah satu tahun kerja gue bisa kuliah ;)

Nah, sekarang gue akan bahas tentang pilihan kedua. Yap, menghadapi dunia perkuliahan. Semoga saat gue baca kembali postingan ini, gue lagi ada di tempat yang seharusnya dan menertawakan apa yang gue tulis ini :D cita-cita tertinggi gue tetep kuliah di SAPPK ITB. Yes, itu nama Fakultas untuk Arsitektur di ITB. Entah kenapa gue pengen banget jadi Arsitek. Padahal, gue ga bisa gambar -_- kalo ditanya optimis atau engganya, yaa semua orang kan punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan sesuatu yang ia mau. Tinggal liat dari usahanya aja. Jadi, yes! Gue optimis kok! Sikap optimis itu sangat kita butuhkan untuk menggapai cita-cita. Karena itu yang bisa men-sugesti diri kita agar kita mau berusaha, bekerja keras. Kenapa gue bisa optimis banget? Hmm, sedikit cerita nih ya tentang perjalanan pendidikan gue. Let's look back to 13 years ago. Dari tahun pertama gue mendapatkan pendidikan, gue merasa beruntung karena masih mendapatkan kesempatan untuk bisa sekolah. Gue mulai pendidikan gue dari TK. Ada TK A, ada TK B. TK yang gue datengin selama 2 tahun untuk mendapatkan pendidikan itu bernama R.A Aisyiah.  Disanalah pertama kalinya gue ketemu temen-temen baru, guru pertama, pembelajaran baru, suasana yang bener-bener sesuatu banget deh! Setelah 2 tahun berlalu, gue melanjutkan pendidikan ke SDN Periuk 2. Gue merasa beruntung bisa masuk ke sekolah itu. entah kenapa, rasanya semenjak gue masuk dan melanjutkan pendidikan disana, gue ngerasa “keberuntungan” itu ada. “keberuntungan” disini bukan sesuatu yang “wow” atau berwujud deh pokoknya. Gue ngerasa beruntung karena orang tua gue udah milihin sekolah yang termasuk kota, jadi gue ga sulit untuk nerusin sekolah ke SMP yang di kota juga. Gue juga beruntung karena temen-temen SD gue udah ngebantuin gue untuk membentuk sedikit karakter dalam diri gue. Dari mereka juga gue pertama kali tau sifat dan karakter yang ada pada manusia. Oh iya, selama SD, gue juga ikut TPA. Gue masuk TPA dari kelas 4 SD. Di TPA, gue belajar ngaji, ilmu fikih, akidah akhlak, Al-Qur'an dan Hadits, dan Bahasa Arab. Progress selama gue belajar di TPA itu emang not bad, lumayan banget malah! Gue dapet hasilnya sampe sekarang. Disitu juga gue dapet tambahan varian watak manusia. Ada yang gini lah, gitu lah. Tapi gue masih bertindak sebagai “si polos” saat itu. lulus dari SDN Periuk 2, gue lanjut ke SMPN 2 Tangerang. Makin terbentuklah jati diri gue disana. Gue gatau ya, walaupun sekolah itu kecil dan bangunannya emang udah tua banget, malah temen-temen gue dari sekolah lain ngejek lebih, tapi gue tetep ngerasa beruntung aja masuk kesana. Karena ketika gue bandingin (secara ga langsung) dengan cerita-cerita temen-temen gue di sekolah lain, rasanya punya nilai lebih aja cerita tentang sekolah gue (bagi gue, mungkin lo juga gitu). Disana mulailah gue menjadi agak “nakal” tapi tetep ga begitu menyimpang. Kelas satu SMP semester 2 gue udah mulai berani pacaran. Tapi ga tahan lama. Haha. Gue ga expert dalam hal ginian. Dulu tuh gue paling takut temenan sama cowo. Di tempat ngaji aja, gue ga berani ngomong sama cowo, boro-boro ngomong deeeh, ngeliat aja takuuuut. SD juga. Makanya gue suka kaku kalo main sama cowo. Tapi dengan berjalannya waktu, akhirnya gue bisa sedikit bergaul dengan cowo, dan punya temen main cowo. Dari SMPN 2 Tangerang gue melanjutkan pendidikan gue ke SMAN 8 Tangerang. Nah, disinilah mulai konfliknya. Gue gatau kenapa gue mau masuk kesini. Sebenernya, dari awal tuh gue pengennya masuk SMA 2. Tapi saat gue tau Farah, salah satu temen dari SMP gue masuk ke SMAN 8, gue jadi ikut penasaran. Dan setelah gue tau juga kalo SMAN 8 itu RSBI, gue mulai galau, akhirnya langsung aja gue tetepin pilihan sekolah gue dengan prioritas SMAN 8 Tangerang. Lagipula, kalo gue masuk ke SMA 2, orang-orang yang gue temuin pasti dia lagi dia lagi. Bukan bermaksud untuk sombong atau menghindar sih, tapi gue Cuma pengen ketemu sama orang-orang yang baru aja, dan dengan suasana belajar yang baru juga. Setelah gue tau kalo gue keterima di SMAN 8, gue seneng banget! Ga nyangka aja gue bisa keterima di sekolah RSBI itu dan dengan urutan 57 dari sekitar 121 murid yang keterima. Akhirnya gue satu sekolahan lagi sama si Farah. Terkesan ngikutin dia sih. Tapi.. yaudah. Haha.. hari-hari pertama gue masuk kesana, gue bener-bener gatau semua orang yang ada disana. Akhirnya gue coba beradaptasi dengan orang dan lingkungan sekitar. Setelah melewati masa-masa sulit itu, akhirnya gue bisa survive disana. Dan inilah masa-masa tersulit gue. Bukan dari sisi akademis, tapi dari sisi penjiwaan. Gue bener-bener ngerasa kayak jati diri gue kok harus gue ulang dari nol ya? Gue ngerasa ada hal yang harus gue ganti dari diri gue supaya mereka bisa nerima gue. Tapi gue ga terlalu peduli. Just go with the flow, and everything's fine. The biggest problem I found when I can't even control my big ego! Itulah yang menyebabkan gue jadi labil, dan cenderung bersikap ga jelas. Dari sisi akademis gue fine-fine aja. Tapi masalah pergaulan, gue mendapatkan masalah. Mungkin yang namanya “adaptasi” itu bukan sesuatu yang mudah kali ya untuk gue :/ tapi, gue pikir gue termasuk orang yang easy-going. Ternyata big NO! selama ini, gue hanya berusaha untuk bersikap “iya” aja sama lingkungan. Karena gue gatau posisi apa yang cocok untuk gue. Sampe kesalahan besar pun sempet gue lakuin. Tapi yaudahlah, itu pelajaran berharga buat gue, nantinya, gue bisa bantu penerus gue untuk lebih berhati-hati untuk memilih. Salah satu alasan lain kenapa gue milih SMAN 8, Karena sekolah ini RSBI, jadi untuk ke PTN, kesempatannya terkesan lebih mudah. Dan gue merasa beruntung juga kok masuk kesini. Karena gue emang bener-bener ketemu dengan orang baru, dan karakter yang bener-bener beda dari yang gue temuin biasanya. Nah, kalo balik ke topik kita tentang optimisme gue untuk masuk SAPPK ITB, ya gue yakin karena dari SD, sampe SMA, Alhamdulillah gue bisa ngedapetin sekolah yang “lumayan” bagi gue J so, SAPPK ITB, I'm comiiiiiiiiiiiiiiiiiiinggggg!!!!!!!!!!!!! *light'sout* bye, bloggy!

0 comments:

Post a Comment

Tryna Play This!